STUDENT MARKET, AJANG MELATIH BAHASA INGGRIS DAN JIWA ENTREPRENEUR
Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah kemampuan kreatif dan
inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang
menuju sukses. Sesuatu yang baru dan berbeda adalah nilai tambah barang dan
jasa yang menjadi sumber keunggulan untuk dijadikan peluang. Jadi,
kewirausahaan merupakan suatu kemampuan dalam menciptakan nilai tambah di pasar
melalui proses pengelolaan sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda.
Dengan sadarnya manfaat akan kewirausahaan, SD Laboratorium UNESA
menerapkan acara tahunan yaitu Student Market. Koridor kelas III A dan IV A
sebagai kelas ICP (International Class Program) menjadi saksi bisu kepiawaian
siswa-siswi untuk berlatih bercakap untuk melakukan kegiatan jual beli
menggunakan bahasa asing yaitu bahasa inggris. Kegiatan ini bertujuan untuk
menumbuhkan motivasi, menumbuhkembangkan kesadaran kewirausahaan dan
membudayakan berwirausaha di kalangan masyarakat.
Senin, 1 Agustus 2022 dan 8 Agustus 2022 adalah waktu penting bagi
siswa untuk mampu berwirausaha dan mengembangkan kecakapan dalam berbahasa
inggris. Salah satunya adalah beberapa siswa mampu menjawab dengan baik dalam
kegiatan jual beli tersebut. Dalam perbincangannya, mereka mampu menjelaskan
benda apa saja yang mereka jual, dengan berbagai macam harga dan mampu
memberikan kembalian uang untuk pembeli. Kemudian mereka juga menawarkan
beberapa penawaran menarik yang tentu saja menggunakan bahasa inggris. Dan tak
lupa target penjualan untuk siswa siswi kelas III A dan IV A adalah guru,
staff, serta teman teman sejawat.
Untuk menarik pengunjung, mereka menawarkan berbagai macam barang mulai dari alat tulis , makanan rumahan, minuman rumahan serta mainan edukatif yang dikemas dengan bagusnya ludes habis terjual dan diborong oleh anggota sekolah selaku pembeli. Tidak hanya itu, Dengan harga Rp. 2000,- hingga Rp. 5000,- saja mampu menggugah niat para pembeli untuk memborong sebagian besar barang yang mereka jual.